https://buero-paris.com/ https://sunmpo.com/ SAPAAN DALAM RUBRIK “LAPOR GAN!” DI HARIAN TRIBUN JATENG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) (THE PRONOUNS IN LAPOR GAN! RUBRIC IN TRIBUN JATENG DAILY NEWSPAPER (SOCIOLINGUISTIC STUDY)) | Utami | Jalabahasa

SAPAAN DALAM RUBRIK “LAPOR GAN!†DI HARIAN TRIBUN JATENG (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) (THE PRONOUNS IN LAPOR GAN! RUBRIC IN TRIBUN JATENG DAILY NEWSPAPER (SOCIOLINGUISTIC STUDY))

Rini Esti Utami

Abstract


Bahasa adalah sarana untuk melakukan kontak sosial dengan orang lain. Pilihan kata yang baik dan tepat akan memperlancar terjadinya komunikasi. Begitu pula dengan penggunaan sapaan dalam berkomunikasi. Sapaan yang digunakan penyapa merupakan gambaran hubungan dengan pesapanya. Sapaan yang digunakan oleh masyarakat kepada pemimpinnya akan mencerminkan hubungan antara masyarakat dan pimpinannya atau sebaliknya. Penelitian ini mengkaji sapaan dalam rubrik “Lapor Gan!†di Harian Tribun Jateng. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi sapaan yang digunakan oleh masyarakat dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, serta tujuan penggunaan sapaan tersebut. Dalam penelitian ini digunakan teori sosiolinguistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sapaan yang digunakan oleh masyarakat untuk menyapa gubernurnya adalah sapaan nama diri, nama kekerabatan, nama jabatan, sapaan lainnya, dan gabungan dari sapaan tersebut. Sapaan yang digunakan oleh masyarakat untuk menyapa diri sendiri, yaitu kata ganti orang pertama tunggal dan jamak. Sapaan yang digunakan oleh Gubernur Jawa Tengah kepada masyarakat adalah sapaan kata ganti orang kedua tunggal dan sapaan kata ganti orang pertama jamak. Sapaan yang digunakan oleh gubernur untuk menyapa diri sendiri adalah kata ganti orang pertama tunggal dan sapaan kata ganti orang pertama jamak. Adapun tujuan penggunaan sapaan tersebut adalah untuk kepraktisan, mengormati mitra tutur, menciptakan keakraban, dan menarik perhatian mitra tutur.  

 

Language is a media to get contact with other people. The good and appropriate choice of words would make the communication runs well. The use of pronouns also plays an important role in communication. It pictures the relationship between the speaker and the hearer. The pronouns used by the people to their leader refl ect their relationship and vice versa. The research studies the pronouns in Lapor Gan! rubric in Tribun Jateng daily newspaper. It aims to describe the pronouns used by the people and the Governor of Central Java Province, Ganjar Pranowo, as well as its purposes. The research uses sociolinguistic theory and descriptive-qualitative approach. The pronouns used by the people to address the governor are self pronoun, kinship, occupation, other pronouns, and mix between the pronouns. The pronouns used by the people to address themselves are the ï¬ rst person singular and ï¬ rst person plural. The pronouns used by the Governor of Central Java Province to his people are second person singular and ï¬ rst person plural. The pronouns used by the Governor to address himself are ï¬ rst person singular and ï¬ rst person plural. The purposes of the pronouns are to create practicality, to honor, to create the familiarity, and to draw attention.  

 


Keywords


bahasa; sapaan; pemimpin; masyarakat; komunikasi (language, pronouns; leader; people; communication)

Full Text:

PDF

References


Aslinda, dkk. 2000. Kata Sapaan Bahasa Minangkabau di Kabupaten Agam. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Djajasudarma, Fatimah. 2006. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Refi ka Aditama.

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Maslakhah, Siti. 2004. “Bahasa Jawa dalam Kethoprak Humor RCTI (Suatu Tinjauan Sosiolinguistikâ€. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.

Nababan, P.W.J. 1993. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Pateda, Mansoer. 1987. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Soeparno. 1993. Dasar-Dasar Linguistik. Yogyakarta: PT Mitra Gama Widya.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thomas, Linda dan Shan Wareing. 2007. Bahasa, Masyarakat, dan Kekuasaan (terjemahan Sunoto, dkk). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v12i1.109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JALABAHASA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JALABAHASA INDEXED BY:

 

 

________________________________________________________________________________________________________

@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Jalan Diponegoro 250, Genuk, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah  50512

Telepon (024) 6921187

Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com

Powered by OJS

Creative Commons License
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.