Kesalahan Sintaksis pada Esai Siswa (Grammatical Errors in Students Essays)
Abstract
Pemilihan teks dalam pembelajaran tingkat sekolah menengah atas sering kali dimulai dengan menggunakan teks-teks yang struktur penulisannya mudah. Salah satu pembelajaran teks yang melatih keterampilan menulis siswa dengan kaidah yang mudah adalah esai. Esai merupakan karangan yang membahas suatu topik secara sepintas. Penelitian ini menganalisis kesalahan berbahasa pada tataran sintaksis yang terdapat dalam esai karya siswa SMKIT Smart Informatika Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Masalah yang ditelaah dalam penelitian ini adalah jenis-jenis kesalahan dan bagaimana kesalahan tersebut terjadi. Data berupa kesalahan gramatikal pada esai yang ditulis oleh siswa SMKIT. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menentukan jenis kesalahan dan bagaimana kesalahan itu terjadi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kesalahan sintaksis pada esai karya siswa SMKIT Smart Informatika Surakarta tahun ajaran 2018/2019 dibagi menjadi tiga, yaitu frasa, klausa, dan kalimat. Beberapa faktor penyebab terjadinya kesalahan juga disajikan.
Â
The selection of texts in learning at the high school level often starts using texts with easy writing structures. One of the learning texts that practices writing skills of students with easy rules is essay. Essay is a paper that simply discusses a topic. This study analyzed grammatical errors in essay made by the students of SMKIT Smart Informatika Surakarta in 2018/2019. On that account, this article discusses types of and how such grammatical errors happen in the essays. Data in the forms of grammatical errors were collected from the texts. The results show that there are three levels of errors, i.e. phrases, clauses, and sentences. Factors for the errors to happen are also discussed.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningrum, Wahyu Tyas. 2010. Analisis Kesalahan Berbahasa pada Karya Tulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Andong Kabupaten Boyolali. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.
Chang, William dan Hilarius Hardani (Ed). 2014. Metodologi Penulisan Ilmiah (Esai, Skripsi, Tesis, dan Disertasi untuk Mahasiswa). Jakarta: Erlangga.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali
Press.
Fuad, Zaki Al dan Helminsyah. 2018. “Language Experience Approach Sebuah Pendekatan dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasarâ€. Tunas Bangsa, 5 (2), 164—174.
Helaluddin. 2017. "Analisis Struktur Esai Mahasiswa pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia di IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten". Bindo Sastra, 1 (1), 15–23.
Isnaniah, Siti. 2015. Menulis Kreatif Praktik Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik bagi Mahasiswa. Surakarta: IAIN Press.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.
Mustyka, Olyvia. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)â€. Pendidikan Rokania, 1 (2), 9—18.
Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Riani. 2015. “Kemampuan Menulis Paragraf pada Siswa Sekolah Dasar V di Daerah Istimewa Yogyakartaâ€. Madah, 6 (1), 43—60.
Setyawati, Nanik. 2013. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka.
Tarigan, H. G. dan Djago Tarigan. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
DOI: https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i2.385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JALABAHASA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
JALABAHASA INDEXED BY:







________________________________________________________________________________________________________
@2017 Jalabahasa (e-ISSN 2615-6032, p-ISSN 1858-4969)
Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah
Jalan Diponegoro 250, Genuk, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50512
Telepon (024) 6921187
Pos-el jalabahasa.bbjt@gmail.com
Powered by OJS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.